Saturday, January 18, 2014

Tips Membuat Blog Bagi Pemula

Post oleh : kang ombar | Rilis : 4:09 AM | Series :
Tips Membuat Blog Bagi Pemula - Baik kali ini kita akan membahas, bagaimana sih cara membuat blog?, sebelum kita membahas lebih lanjut, ada beberapa hal yang perlu sobat pengunjung blog  ketahui, blog merupakan singkatan dari web log, yakni suatu bentuk aplikasi web yang memuat tulisan – tulisan yang dimuat sebagai postingan pada sebuah halaman web umum, situs web seperti ini dapat di akses oleh semua pengguna internet secara umum sesuai dengan topik dan tujuan dari sipengguna blog tersebut.

Baik mari kita lanjut ke pokok pembahasan, dalam artikel ini kita akan membahas pembuatan blog pada google blog atau sering disebut juga oleh kalangan umum sebagai blogspot ataupun blogger, adapun cara yang dapat kita lakukan dalam membuat blog ini, pertama sekali kita harus mempunyai email dari google, bagi yang belum mempunyai email dari Google / Gmail dapat melihat cara pembuatan nya di artikel blog ini yakni Cara membuat Email di Google Mail Untuk Para Pemula, baik kita lanjut ke pokok bahasan sebagai berikut:

1. Pertama kali ketikkan alamat url www.blogspot.com atau www.blogger.com pada browser sobat, tekan enter kemudian silahkan masukkan email dan password dari gmail sobat sekalian.
Cara membuat blog bagi para pemula

2. Klik tombol “Lanjutkan Ke Blogger”
Cara membuat blog bagi para pemula

3. Nah pada tahap ini kita baru bisa membuat blog, klik tombol “Blog Baru”
Cara membuat blog bagi para pemula

4. Kemudian kita akan diwajibkan mengisikan Judul Blog, alamat blog yang kita inginkan, kemudian Templated blog yang kita inginkan, silahkan isi sesuai dengan selera sobat sekalian, kemudian klik tombol “Buat Blog”.
Cara membuat blog bagi para pemula

5. Nah gampang kan masbro/mbakbro, setelah sobat lakukan tahapan diatas, akan tampil selanjutnya seperti ini.
Cara membuat blog bagi para pemula

6. Langkah kemudian kita coba tes membuat satu artikel singkat dengan cara klik nama blog yang sobat buat tadi, disini saya membuat “Gosip sana Gosip sini”, kemudian klik tombol “Entri Baru”
Cara membuat blog bagi para pemula

7. Setelah itu akan tampil text editor untuk menginput tulisan sobat sekalian, silahkan isikan judul artikel yang sobat buat pada kolom Judul pada bagian atas, kemudian isi artikelnya pada bagian bawah, kemudian klik tombol “Publikasikan”
Cara membuat blog bagi para pemula

8. Kemudian akan tampil jendala konfirmasi bagikan di Google+, jika sobat ingin berbagi di media social google plus, pilih kepada siapa sobat ingin berbagi, kemudian klik tombol “Bagikan”, jika tidak ingin berbagi di Google Plus, maka dapat mengklik tombol “Batalkan”.

Cara membuat blog bagi para pemula

9. Nah kemudian setelah sobat lakukan cara nomor 8 diatas,  akan tampil daftar artikel yang sobat buat, klik tombol “Lihat Blog” pada bagian atas untuk melihat halaman blog anda secara keseluruhan.
Cara membuat blog bagi para pemula

10. Kemudian akan tampil halaman blog sobat sekalian, kira-kira seperti gambar dibawah ini, bentuk blog berbeda-beda sesuai dengan pemilihan template yang sobat lakukan tadi pada poin nomor 4 diatas.
Cara membuat blog bagi para pemula


Baik untuk kesempatan sekarang sampai disini dulu, besok kita akan bahas tutorial blogger yang lain,

Source : ProxyIntech.com

google+

linkedin